CARA MEMBERSIHKAN KIPAS ANGIN PARABOLA DAN PLAFON

MEMBERSIHKAN KIPAS ANGIN PARABOLA DAN PLAFON


Membersihkan dan merawat kipas angin secara rutin tidak hanya membantu memastikan kipas angin tetap bekerja lancar dan tampak bersih terawat, tetapi juga menjaga kualitas udara di dalam rumah. Debu-debu yang menempel pada kipas angin bisa tertiup kembali ke udara dan terhirup penghuni rumah. Hal ini tentu saja tidak baik terutama bagi penderita gangguan pernapasan dan alergi.

Untuk membersihkan kebanyakan kipas angin, Anda perlu melepas beberapa bagiannya untuk dibersihkan terpisah. Supaya Anda tidak kehilangan hak Anda selama masa garansi, Anda sebaiknya hanya melepas bagian-bagian yang tidak bersegel garansi. Kotak yang menyimpan komponen listrik dan dinamo kipas angin biasanya bersegel. Hindari merusak segel garansi tersebut.

Sebagian besar kipas angin memiliki jeruji depan dan bilah-bilah putar yang bisa dilepas. Cuci keduanya dengan sabun cuci piring cair, seperti Sunlight.

Langkah-langkah kunci:
  1. Lepas jeruji depan dan bilah-bilah putar kipas angin parabola
  2. Cuci keduanya di dalam air bercampur sabun cuci piring cair
  3. Gunakan kuas bersih untuk menyingkirkan debu di bagian-bagian lain pada badan kipas angin
Jika jeruji depan tidak bisa dilepas, gunakan mesin penyedot debu atau udara terkompresi dalam kaleng untuk menyingkirkan debu di badan kipas angin.


Cara membersihkan kipas angin parabola

kipas angin parabola

Kipas angin parabola bisa berupa kipas angin duduk, kipas angin berdiri, kipas angin dinding, dan kipas angin meja. Jenis ini memiliki bilah-bilah putar di dalam jeruji berbentuk parabola. Bilah-bilah dan jeruji inilah yang sering menjadi tempat debu menempel.

Perlengkapan:
  • Obeng
  • Kuas bersih dan kering
  • Sabun cuci piring cair
  • Spons cuci piring
  • Sikat gigi bekas
  • Lap bersih
Berikut ini langkah-langkah perawatan kipas angin parabola untuk membersihkannya:
  1. Matikan kipas angin dan lepas kabelnya dari sumber listrik.
  2. Jeruji depan dan belakang pada sebagian kipas angin saling terkait oleh beberapa baut. Sedangkan pada sebagian model kipas angin yang lain, kedua jeruji hanya saling mengunci tanpa baut. Lepas jeruji depan.
  3. Pisahkan pula bilah-bilah putar dari badan kipas angin.
  4. Gunakan kuas untuk menyingkirkan debu pada kedua bagian yang sudah dilepas tersebut. Lakukan di luar rumah atau di atas tempat sampah.
  5. Rendam keduanya di ember berisi air bercampur sabun cuci piring cair, seperti Sunlight.
  6. Singkirkan debu pada jeruji belakang dan bagian-bagian lain pada badan kipas angin.
  7. Cuci jeruji depan dan bilah-bilah putar memakai spons cuci piring dan jangkau bagian-bagian yang sulit dengan sikat gigi bekas. Bilas!
  8. Seka keduanya dengan lap lalu keringkan dan rakit kembali.

Cara merawat kipas angin langit-langit atau plafon

kipas angin langit-langit

Untuk membersihkan kipas angin langit-langit, Anda sebaiknya tidak melepas bilah-bilahnya dan membersihkannya tetap di lokasinya tergantung. Jika lokasinya terlalu tinggi untuk dijangkau, Anda memerlukan sapu atau kemoceng bertangkai panjang untuk meyingkirkan debu pada bilah-bilahnya. Sebelumnya, tutup furnitur dan barang-barang lain di bawah kipas angin agar tidak terkena debu yang jatuh. Gerakkan sapu atau kemoceng tanpa menekannya terlalu keras karena berisiko mematahkan bilah-bilah putarnya. Untuk meminimalkan debu jatuh, Anda bisa memakai kemoceng magnetik sehingga debu menempel pada kemoceng tersebut.

Sebaliknya, jika letak kipas angin tidak terlalu tinggi, Anda bisa membersihkannya dari lebih dekat.

Perlengkapan:
  • Tangga lipat antiselip
  • 2 lap kering
  • Lap basah
  • Kuas bersih dan kering
Tahap-tahap merawat kipas angin plafon untuk membersihkannya:
  1. Tutup lantai dan barang-barang di bawah kipas angin dengan plastik, koran, atau seprai bekas.
  2. Matikan kipas angin dan lepas kabelnya dari sumber listrik. Bila kipas angin tersebut juga berfungsi sebagai lampu, lepas semua bohlamnya. Jika bagian kaca penutup lampunya bisa dilepas, cuci terpisah seperti mencuci piring.
  3. Singkirkan debu pada bilah-bilah putar dan bagian-bagian lain kipas angin dengan lap kering dan gunakan kuas untuk membersihkan bagian-bagian tersembunyi.
  4. Seka dengan lap basah untuk mengangkat debu yang tersisa. Anda mungkin perlu membilas lap dan mengulangi menyeka bagian-bagian kipas angin hingga bersih. Hati-hati jangan sampai mengenai elemen listriknya.
  5. Pakai lap kering untuk mengeringkannya.